Cukup Letakkan Lintah, Hilanglah Sakit

Bertemu lagi pengunjung Warisan AR. Kali ini aku ingin berkongsi artikel yang aku petik dari pontianakpost.com. Artikel ini memaparkan kajian yang dijalankan oleh pengamal perubatan di Jerman menggunakan lintah sebagai satu kaedah rawatan.

 

MENGGUNAKAN lintah untuk pengobatan memang sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Biasanya dulu lintah dipakai untuk menghilangkan rasa sakit dan juga untuk mengeluarkan darah. Tetapi karena pengobatan modern berkembang dan banyak obat pengobat rasa sakit ditemukan, maka peran lintah berangsur-angsur berkurang.

Mungkin kinilah saatnya para dokter mengingat kembali manfaat lintas tersebut, sebagaimana yang dilakukan para peneliti di Jerman. Hasil studi yang mereka lakukan menunujukkan bahwa lintah diakui bisa mengobati rasa sakit dan juga radang. Bahkan pasien yang menderita Osteatritis pun bisa menggunakan lintah untuk mengobatinya.

Penelitian yang dipimpin Dr Gustav Dobos di klinik Essen-Mitte, Jerman melakukan percobaan terhadap 10 pasien dengan rata-rata usia 68 tahun. Kebanyakan pasiennya menderita sakit lutut selama enam terus menerus.

Para dokter meletakkan empat ekor lintah di daerah lutut yang sakit dan dibiarkan selama satu jam 20 menit. Rasa sakit diukur tiga hari sebelum perawatan dilakukan dan 28 hari setelah selesainya perawatan.

Pengaruh dari perawatan ini bisa diketahui setelah 24 jam kemudian, tetapi bisa dipastikan hasilnya setelah empat minggu. Dalam laporannya, para pasien mengaku rasa sakit mereka berkurang akibat dari gigitan lintah tersebut. Dan hebatnya, tidak ada efek samping yang ditimbulkannya, misalnya infeksi atau apa pun.

Sementara pasien lain yang diberi perawatan secara konvensional (medis) tidak merasakan adanya perbedaan. Merak merasa tidak berkurang rasa sakitnya.

Menulis di jurnal Annals of the Rheumatic Diseases, Dobos menyatakan: “Kami nyatakan bahwa hasil dari penelitian ini sangat luar biasa. Perawatan dengan lintah menghilangkan rasa sakit secara signifikan setelah tiga hari dan meningkat empat minggu kemudian.”Jadi siapa yang ingin mencoba terapi ini?

4 Komen

Filed under perubatan lintah, rawatan lintah, terapi lintah

4 responses to “Cukup Letakkan Lintah, Hilanglah Sakit

  1. Nor Mazlan Mohd Yunus

    Saya ada sebidang tanah, 3 ekar luasnya tapi tiada wang tunai di dalam tangan. Kalau saya ingin melibatkan diri di dalam industri lintah ini bagaimana?.

    warisan ar says: Tahniah saudara Nor Mazlan kerana berminat untuk menceburi industri ini. Saudara boleh menghubungi kami melalui email detlela@gmail.com atau melalui tel 0195434506 ataupun datang sendiri ke tempat kolam ternakan kami. Kami sedia membantu anda.

  2. blh bg x alamat pusat perubatan lintah….

    Ajet says: Harap maaf. Tiada dlm simpanan saya buat masa sekarang. Namun saudari boleh mengunjungi laman web ini http://arowanavis.com/

  3. saya ingin mencuba rawatan lintah..
    di mana boleh saya mendapatkan rawatan?

    Ajet says: Saudara boleh ketempat saya untuk mendapatkan keterangan lanjut dan mendapatkan rawatan.

  4. Amiruddin

    Bagaimana caranya untuk saya mengikuti krusus rawatan lintah tapi bukan untuk menternaknya.Saya dari Johor Bahru.

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s